Jumat, 16 November 2007

(Bukan) Tugas (Fisika)

Orang bilang: "Pekerjaan yang paling memakan waktu untuk diselesaikan adalah pekerjaan yang belum dimulai". Begitulah, bahkan hukum fisika pun seolah membenarkannya. Semua benda di atas permukaan kasar memiliki µ (koefisien gesek statik). Ada dua macam µ, yang pertama µ statik, dan yang kedua µ kinetik. Benda-benda yang masih diam harus diberi gaya (atau usaha? entahlah) agar dapat mengatasi µ statik itu. Bila µ statik sudah diatasi, maka µ kinetik tidaklah sebesar µ statik. Dari sini, usaha yang lebih besar adalah yang diperlukan untuk menggerakkan benda pertama kalinya. (Ah, fisika itu indah ─ bagi yang menyukainya, sepertinya).

Lalu kenapa aku (seperti) tertarik dengan fisika? Tidak, ini hanya kebetulan. Kebetulan ada kaitannya dengan yang kualami selama sekitar sebulan ini, sehingga aku tak sempat mencuri waktuku sendiri untuk menulis lagi. Satu kata: "Tugas". Tugas yang masih menggunung di belakang punggungku.

Yap, tugas-tugas datang silih berganti ─ walaupun sepertinya lebih tepat bila disebut bertubi-tubi, kalau kamu tahu maksudku ─ seperti juga praktikum-praktikum di semester ini. Ini baru dari segi akademik. Dari luar akademik sendiri, keluarga besar ibuku sedang ada sedikit masalah. Tak elok bila kuceritakan di sini, cukup sampai di sini kamu tahu.

Dan, entah angin mana yang membawanya, aku teringat ucapan di atas itu. Pekerjaan yang memakan waktu paling lama adalah yang belum dimulai. Sepertinya aku harus segera memulai mengerjakan berbagai tugas yang datang untukku ─ ini baru pertama aku mencicip 22 SKS dan 10 kelas (2 di antaranya praktikum). Tapi sepertinya menyenangkan, ya? Semester depan sepertinya aku akan mengisi 24 SKS, seandainya diperkenankan.

Ah sudahlah, daripada berkeluh kesah, lebih baik bila kumulai mencicil tabungan tugasku. Permisi, aku mohon diri. Ada tugas yang menunggu dimulai ─ benar lagi, baru akan dimulai.



[F I N]
written on 16. November 2007
Tugas-tugas menanti, mari bersiul, sembari memulai.

1 komentar:

Muhammad Ilman Akbar mengatakan...

alhamdulillah akhirnya ada postingan lagi.. ayo rif, semangat ya..

www.ilmanakbar.com