Senin, 14 Januari 2008

Air Raksa?

Maaf, hanya ingin bertanya bagi yang tahu dan mengerti. Yang betul "Air Raksa" atau "Raksa" saja?

Yang dulu pernah aku dengar dari guru-guruku (semoga guru-guru pelajaran Bahasa Indonesia tenang di tempat mereka masing-masing, tetapi maaf, aku tidak pernah bisa mengerti Bahasa yang satu itu) dan juga dari sedikit membaca, yang lebih tepat adalah "Raksa". Mengapa "Raksa" jangan kamu tanyakan aku. Tetapi bagaimana sehingga zat kimia berlambang Hg itu sebaiknya (atau seharusnya) disebut "raksa", adalah karena memang zat itu bukan air.

Dari yang kubaca ini dan ini, disebutkan asal nama unsur ini (Hg adalah bentuk pendek dari bahasa latin Hydragyrum) adalah Υδραργυρος, hydragyros. Nama ini adalah gabungan dari air (karena bentuknya pada suhu ruang adalah cair), dan perak (karena warnanya yang keperakan). Nama lainnya adalah Mercury (di sini mungkin diterjemahkan sebagai merkuri, ya?), didasari atas nama dewa dalam mitologi Romawi bernama sama yang terkenal cepat dan lincah. Mungkin karena bentuknya cair sehingga raksa dikatakan lincah dan cepat. Mungkin ini juga yang mendasari nama lain raksa pada bahasa Inggris, yaitu quicksilver (quick=cepat, dan silver=perak). Yak, cukup dulu untuk perak, lebih lanjut silakan baca sendiri, ya?

Sekarang, mari bermain air. Air -murni- yang kutahu disimbolkan sebagai H2O (H-O-H). Dari sini bisa dilihat, bahwa air dan raksa adalah dua zat yang berbeda. Air adalah um, apa namanya? Molekul, ya? Iya betul, dan raksa adalah unsur. Memang tidak menutup kemungkinan bila dalam air yang ditemukan sehari-hari mengandung raksa, juga tidak menutup kemungkinan dalam raksa yang ditambang ada kadar air dalam jumlah tertentu, tetapi bukankah yang lebih utama yang dikedepankan untuk disebut?

Ah, sudahlah. Lagipula mengapa aku pusing-pusing memikirkan raksa dan air raksa, kalau ternyata salah seorang dokter yang sekarang ini sering sekali muncul di televisi pun menyebutnya air raksa. Sampai-sampai, sejauh yang kudengar, semua mengucapkannya dengan fasih: "Air Raksa"

--
F I N
written on 13. Jan 2008
TODO: moto4lin-C650-Celena. Ayo, dong! 'kan gambar-gambar pendukung sudah siap...

Tidak ada komentar: