Rabu, 05 Maret 2008

Yahoo atau Google?

Sebagian besar kita tentu mengenal kedua situs pencari ini. Bahkan, bagi beberapa orang, dua situs ini telah menjadi sangat akrab. Keduanya bahkan seolah-olah menjadi kata kerja baru yang seringkali diucapkan.

"Butuh bantuan mengenai, um, apalah?"
"Di-google" atau "di-Yahoo saja." (meskipun pilihan kedua kedengaran memaksakan... :p)

Sekedar hal tidak penting, bila kita mengetikkan kata kunci "search engine" di masing-masing situs. Maka hasil berbeda akan kita dapatkan. Pada pencarian tanggal 5. März 2008, aku mendapati bahwa bila frasa itu diketikkan di yahoo, maka situs-situs yang didaftarkan adalah: (5 besar saja)

1 Yahoo! Search (search.yahoo.com)
2 Google (www.google.com)
3 Dogpile (www.dogpile.com)
4 AltaVista (www.altavista.com)
5 WebCrawler (www.webcrawler.com)

Hmm... Menempatkan diri sendiri di urutan teratas ya? Bisa dimengerti. ^_^

Lalu serupakah hasil di google? Ternyata tidak, dan inilah hasilnya:

1 AltaVista (www.altavista.com)
2 Dogpile Web Search Home Page (www.dogpile.com)
3 Web search engine - Wikipedia, the free encyclopedia (en.wikipedia.org/wiki/Search_engine)
4 Yahoo! Search - Web Search (search.yahoo.com)
5 Search Engine Guide Blog (www.searchengineguide.com)

Begini kesimpulan kasar dariku: yahoo sebisa mungkin mencari "search engine", sedangkan google sebisa mungkin mencari "search engine" dan tentang "search engine".

Yah, bagaimanapun semua punya kelebihan dan kekurangan. Sebelumnya pun aku selalu menggunakan google. Karena ada isu bahwa Microsoft (r) akan mengakuisisi yahoo, maka aku pun mengajukan aksi "selamatkan yahoo"...:p

Intinya sebenarnya aku menggunakan yahoo, agar lalu lintas pencariannya meningkat hingga harga jualnya akan ikut terangkat. Tetapi yang kutemukan malah kenyamanan dan ketepatan yang kadang (sering) mengungguli google. Jadilah sekarang ini aku merasa pas dengan yahoo. Soal akuisisi itu? Lupakan saja, sepertinya semua orang juga sudah melupakannya... he he he...

Jadi, mana yang kamu gunakan?

Tidak ada komentar: