Sabtu, 13 Desember 2008

Alea Iacta Est!

Hmm... Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa kiranya arti kata-kata di atas itu. Mungkin juga ada yang malah nyengir kuda karena langsung teringat sebuah komik perancis, "Asterix & Obelix". Mungkin akan kuberitahukan saja apa artinya tiga kata itu padamu, yah?

Untuk yang pernah membaca beberapa seri komik Asterix, kalimat di atas mungkin sudah terasa dekat. Ya, Julius Caesar digambarkan sering sekali menyebutkan kalimat tersebut. Artinya, kalau dari sini adalah "The die is cast" -- dadu sudah dilempar. Lalu apa maknanya? Hmm... Masih dari sumber yang sama -- walaupun sebetulnya bisa dideduksi sendiri -- maknanya adalah suatu perbuatan sudah dilakukan, dan tak bisa ditarik kembali.

Dan, untuk kali ini, kurasa seperti itulah yang terjadi. Alea iacta est! Tanggal itu sudah disiapkan. 24. 12 2008, dan aku masih di sini, mengutak-atik difraktogram-difraktogram yang acakadut itu supaya bisa diperhitungkan, dan masih perlu setidaknya satu data lagi agar simpulanku kelak lebih bisa diterima. Yah.. Apa mau dikata. Kata telah terucap, waktu sudah berlalu. Sekarang, mari, kembali ke himpunan data tak berkesudahan itu. 'mat berhitung!


F I N
written on 13. Dez 2008, 07.45 WIB
Dan, untuk semua awal... Kuharap semuanya baik selalu sampai.... Nanti (-_-)

Tidak ada komentar: