Rabu, 03 Desember 2008

Seminar

WAAAAAAAAAAHHHH........... Ups, maaf. Cuma sedikit ekspresi lega saja kok. Lega yang, ehm, sementara sepertinya.

Jadi, hari ini, 3. Dez 2008, satu puncak karier (duilee...) di masa kuliah ini. Nama kegiatannya, um... Seminar. Nah, mulai semester ini, atas inisiatif Pak Herman yang juga koordinator Skripsi, KP, dan Seminar, dihidupkan kembali sistem seminar yang seperti seminar. Bingung? Tunggu sebentar ya, coba kujelaskan.

Selama beberapa waktu, di jurusan kami, mata kuliah seminar itu lebih kepada presentasi kecil --entah skripsi sendiri entah skripsi orang-- di depan dosen pembimbing dan penguji, saja. Nah, terhitung sejak semester ini, diadakan kembalilah seminar berformat seminar "umum" itu. Naahh... Itulah sebabnya baru sekarang bisa turun menulis di sini lagi. Yah, hitung-hitung menghadiahi diri sendiri setelah presentasi yang *cukup* baik tadi.

Sebetulnya, semua dimulai sejak pekan kemarin. Tadinya seminar itu bahkan dijadwalkan Kamis kemarin, tetapi karena satu dan lain hal, jadilah digeser ke hari ini. Yah, begitulah. Hampir sepekan penuh kami berenam -- Aku-Dini-Himsky-Fian-Dian-Mas Ii' -- berkutat dengan slide-slide presentasi (AWAS: BUKAN Slide ppt yah! Tak terstandardisasi itu format...) yang diutak-atik sana-sini, supaya tidak terlalu banyak, tapi tetap informatif. Dan.... Ternyata semua dari kami sepaham hari ini. Slide presentasinya tak ada yang lebih dari angka 30-an slide. Berbobot? Pastinya. *ayo.. Pupuk percaya dirimu sedikit sedikit, Nak... ;p*

Dan, saat jarum jam menunjuk waktu pukul 13.30 WKMT (Waktu Ruang KMT, hehehe), datanglah satu persatu audiens yang ditunggu. Pak Herman sebagai audiens, juga pembimbing skripsi beserta Ibu Sotya sebagai, um... Penguji? Yah, begitulah. Kemudian ada rekan-rekan seperjuangan dari angkatan '04 (Hatta, Rahmat), '05 (Tego yang setia dari awal sampai akhir, Fawwaz, Buged, Falahy yang hari ini sukarela jadi sie.dokumentasi, Tri, Reza Kiswara, Aryo, Icad, Febrian, dan banyak lagi yang belum disebut jangan marah. ^_^), juga '06 (Wening dan Lusi. Sayang si, um, 'Neng tak datang, hihihi). Yah, memang berangsur-angsur sih, tapi 'makasih banyak sudah sempat datang ke seminar kami. Juga datang, beserta beberapa paket penganan dan air minum, ayah dan ibunya Himsky. 'Makasih juga, Om dan Tante, dukungannya luar biasa. Yah, setidaknya aku -- yang lupa memberitahu ayah-ibunya soal seminar ini -- masih dapat pesan singkat dari Ibu, setelah kuberitahu tentunya. Ah.. Seandainya saja Ibu-Ayah di sana tadi... Lepas mungkin belenggu di lidah tadi...

Yah, setelah penonton tiba, mulailah kami -- berturut-turut Dian, Himsky, Fian, Dini, Mas Ii', Aku -- bergantian menyampaikan materi yang diseminarkan. Dian yang tenang, dengan topik besar "Geopolimer". Himsky yang lebih ekspresif, dengan "Sel Bahan Bakar"-nya. Fian yang santai, tapi serius membawakan "Kaca Swabersih". Dini yang lebih 'perempuan' dengan hem (blus? Apalah namanya itu) merah muda dengan "Sel Surya Tersensitisasi Pewarna" -- sama denganku. Mas Ii' kembali dengan "Sel Bahan Bakar", dengan slide penuh dengan tabel-tabel. Aku -- mencoba menyemangati diri sendiri dengan berkata "simpan yang terbaik untuk di akhir" -- menutup hari, dengan slide yang penuh animasi membahas "Sel Surya Tersensitisasi Pewarna".

Ah... Tiga jam setengah berlalu di ruangan yang dingin minta ampun itu. Tapi tetap saja, naluri untaku keluar juga. Tiga minuman gelasan habis dalam rentang waktu itu. Lapar? Sudah lupa tuh. Hahaha. Tidak sehat memang, tapi mau kata apa, karena memang rasa lapar tak seberapa dibanding takut, gugup, dan nama-nama lainnya itulah.

Soal presentasinya, tak perlulah diceritakan. Sering sudah kamu menghadiri seminar ini dan itu, 'kan? Yah, kira-kira begitulah, hanya saja posisi kami hari ini menjadi pemakalahnya -- pinjam istilahnya, ya Fal? Hehehe. Dan, lepas seminar hari ini, rasanya lega meliputi kami berenam. Lega yang, ehm, memabukkan juga sih. Bahkan aku pun lupa mematikan dapur pemanas (oven) selepas seminar --jadilah besok sampelku keluar basah. Tak mengapa, yang jelas mungkin beberapa saat (atau hari) lagi ada yang mengunggah foto-foto kami di situs jaringan sosial yang itu. Nah, semoga saja albumnya dibuka dan nanti kutunjukkan alamatnya biar bisa juga kamu lihat tampan dan cantiknya kami -- narsisis betul, hehehe -- hari ini, dengan senyum mengembang bersama lepasnya sedikit beban tahun terakhir, betul ka'?

Yang jelas..... Luv u all! Bab 2, Bab 4. Tunggu aku yah... He he he


F I N
written on 3. Dez 2008, 22.40; delayed due to the feeling of urgency to say "Hello" or "hi" to many ol' friends. ^_^
Kamu tahu? Tanpa Kamu, lemahku terbuka, kuatku tak ada, tanpa Kamu. 'Makasih ya...

EDIT: Ini dia peserta MK Seminar (Perdana) semester gasal 2008


Kiri-kanan: Himsky-Aku-Dini-Dian-Mas Ii-Alfian. 'Makasih untuk hari yang luar biasa itu!
Kukenang selalu sampai kapan-kapan. ^_^

Makasih, Dian, udah unggah fotonya. Makasih Falahy, udah motretin.

Tidak ada komentar: