Jumat, 31 Oktober 2008

Oleh-oleh dari UTS

"Evaluasi". Kalau mendengar kata ini, apa yang mungkin tebersit di kepalamu? Takut? Mungkin. Ngeri? Bisa jadi. Was-was? Siapa tahu. Tapi, untuk sekarang, pinggirkan dulu prasangka jelek soal evaluasi. Anggap saja cermin. Kalau rambut berantakan, tentu bukan cermin yang kita ganti bukan? Yah, kira-kira seperti itulah evaluasi kalau dipandang sebagai perangkat saja.

Lalu, apa sih yang akan kamu evaluasi? Ya, coba lihat judulnya lagi deh. Itu, tuh.. Singkatan terakhir itu. Tiga huruf "maut" buat kami mahasiswa, bersama dengan pasangan sejatinya, "UAS". Jadi memang, pekan ini kami menghadap pekan ujian. Karena waktunya pada pertengahan semester, jadilah namanya ujian tengah semester. Yuk kita mulai, perlahan-lahan saja, tentunya.

Senin (27. 08):
Kosong, tak ada ujian (buatku).

Selasa (28. 08):
Standardisasi Material (10.00-12.00 WIB). Penilaian: Beruntung! Coba saja kalau yang muncul alih-alih mengenai struktur organisasi ISO, malah penomoran paduan NikeL (yang terlewatkan karena praktikum itu)? Wah.. Sudah pasti, segera kutulisi lengkap isian di sampul buku ujian dan segera kukembalikan ke Dosen.

Material Mutakhir (15.30-17.00). Penilaian: Sekali lagi, beruntung! Keluarkan segala hal tentang material cerdas (paduan pengingat-bentuk) dan aku akan mengecewakan Pak Herman lagi. Biar demikian, soal analisis penyusunan-diri dipengaruhi-penguapan itu cukup mengerikan juga dengan bobot 35 poin dari total 100. Fuh...

Rabu (29. 08)
Kesehatan & Keselamatan Kerja; Lindung Lingkungan/K3LL (08.00-10.00). Tiga soal, analisis risiko, juga soal analisis grafik dan analisis lainnya. Syukur ada PR yang kukerjakan, terkait analisis risiko itu. Jadi, bisa dikata cukup aman lah.

Baja Paduan Khusus dan Paduan Super (15.30-17.00). Ini dia. Katastrofi, kalau kata orang. Soal hanya enam, lebih berupa isian daripada analisis, tapi itu dia masalahnya. Tanpa analisis, yang bisa diisi sepanjang-panjangnya asal setidaknya menyinggung inti jawaban, habislah aku...

Kamis (30. 08)
Mesin-mesin Pengolahan Plastik (08.00-10.00). Ampun deh.. Berangkat dari rumah delapan kurang seperempat karena mencetak tugas kelompok (yang akhirnya kukerjakan sendiri juga... Huh...) dengan pencetak yang amburadul. Tapi, biar terlambat tak boleh panik. Napas tersengal masuk kelas, tapi pikiran tetap jernih, jadi tak terlalu masalah deh.

Jum'at (31. 08), hari terakhir....
Statistika dan Probabilitas (07.30-09.00). Nah, ini dia suguhan penutup yang memusingkan. Coba bayangkan 100 data acak, disajikan dalam tabel, dengan perintah yang singkat: "Buat histogram, lalu hitung deviasi standar dan persentase kesalahan." Bagus sekali. Empatpuluh lima menit habis hanya untuk menyusun ulang (mengelompokkan) data itu jadi tabel yang manis. Kemudian limabelas-duapuluh menit untuk menggambarkan histogram (yang kusebut tegas: "JELEK"). Lalu sisanya untuk berhitung deviasi standar yang tak pernah kudapat... Jelek...

Mekanika Perpatahan dan Analisis Kegagalan (13.30-15.00). Lumayan. Untuk mata kuliah yang tidak bisa kumengerti samasekali ini, ini luar biasa. Sembilan soal dan hanya lewat satu saja. Setidaknya bisa dapat nilai pas, kuduga.

Kesimpulan akhir: Belajar lebih keras di Statistik, Baja paduan, dan Mekanika Perpatahan. Itu saja.

Yah, begitulah... Bahkan di sela-sela UTS kemarin (Rabu siang, dan Kamis lepas ujian) masih memaksa diri mengejar mimpi di TA. Menimbang, memanggang, menyemprot larutan asam kuat pekat, begitulah. Syukur ada Dini, biar masih belum banyak bercerita kami. Padahal rekan mestinya berbagi yah?

Duh... Besok bebersih lab, kemudian melanjut TA sebanyak waktu mengizinkan, lalu ada rencana datang ke pekan raya pendidikan Eropah, kemudian Ahad mengetik ulang statistik, kemudian Senin... Mungkin tidur lagi? :p


F  I  N
written on 31. Okt 2008, 20.30 WIB
.h.e.c.t.i.c. Tapi tergila-gila lembutnya lagu berbahasa Italia yang dinyanyikan pula di kartun favoritku
Tom and Jerry, "Santa Lucia".

Tidak ada komentar: