Kamis, 20 Oktober 2011

Pengharapan

Sebelumnya, izinkan kutuliskan sebaris kalimat berbahasa lain di sini, yang menjadi dasar pemilihan judul di atas.
"Letting go of what you have never had should be easy"
**

Manusia, sebagai makhluk, dikaruniakan berbagai hal. Tetapi apakah pelbagai karunia tersebut 'diberikan'? Maksudku, apa benar karunia tersebut disahkan menjadi hak milik seseorang? Atau hanya sekadar mampir saja untuk berpindah lagi ke tangan berikutnya, atau bila sudah selesai, kembali ke Pemilik Asalnya?

Pertanyaan ini, dari sedikit pencarianku semestinya dijawab dengan jawaban kedua.

Tapi untuk beberapa hal, hal-hal kecil, yang semestinya mudah untuk dilepaskan menjadi sulit. Dugaanku tentang hal ini adalah karena adanya rasa memiliki, yang datangnya dari pengharapan. Harapan yang (terlihat) nyata, maupun harapan yang tipis, cenderung kosong, dan harapan yang salah tujuannya.

Ada hari ketika seseorang berharap mendapatkan sesuatu dari pertukaran dengan apa yang dia punya. Namun yang dipunyai ternyata belum cukup, jadilah ia mengumpulkan lebih banyak apa yang ia punya, sambil terus berharap penukarnya masih di sana. Di akhir hari, ternyata yang diidamkannya sudah tidak ada, dan apa yang dia punya... Tidak lagi berguna. Dan yang tidak pernah dipunyainya, terbayang selalu, tiada terlupa.

Maafkan racauan tidak bermakna ini. Kalau telanjur terbaca, aku minta maaf, sekali lagi.

--
F  I  N
written on 20. Okt 2011, 07.00 WIB (UTC +7), 02.00 CEST (UTC +2)
FWIW, good luck for you there!

Tidak ada komentar: