Kamis, 06 Oktober 2011

Tentang Kebiasaan

Practice makes perfect
Alah bisa karena biasa
Sedikit saja kali ini, sebelum memulai aktivitas, atau mungkin sebelum kamu tidur. Beberapa penggal ungkapan di atas terasa pas menggambarkan aktivitas akhir-akhir ini. Yah, tidak persis akhir-akhir ini memang. Ada beberapa waktu supaya terbentuk kebiasaan itu.

Beberapa waktu ke belakang, ritme sirkadianku berantakan. Sekali waktu aku tidur pukul 22.00 WIB (UTC +7), malam lain baru dapat terpejam penuh pukul 02.00 WIB. Lalu untuk terbangun penuh, bisa saja entah kapan antara 05.00 dan 08.00 WIB. Entah bagaimana caranya, aku nyaman-nyaman saja dengan hal tersebut.

Namun setelah beberapa kejadian yang kemudian diproses di dalam kepala, ritme demikian (atau lebih tepatnya, tidak adanya ritme tersebut) lebih banyak merugikannya daripada memberikan manfaat.

Hal itu, dan beberapa dorongan lain seperti perbedaan wilayah waktu, dan tambahan ilmu tentang melimpahnya kebaikan di pagi hari pun cukup berhasil memaksaku mengubah kebiasaan. Berat pada awalnya, tetapi toh kini hasilnya cukup baik dengan aku dibangunkan lebih awal dibandingkan waktu jam weker yang aku setel dahulu.

Terakhir, aku sajikan satu lagi ungkapan yang cukup relevan, entah dari siapa. Aku bukan pengingat yang baik untuk hal ini.
Excellence is not an act, it's a habit
--
F  I  N
written on 06. Okt 2011, 07.55 WIB (UTC +7), 02.55 CEST (UTC +2)
I wish, I wish, I really really wish our lines met and superimposed on until one of ours ended

Tidak ada komentar: